google

Kamis, 11 Desember 2008

Pizza champignon

Category:
Baking
Style:
Italian

Description:
Resep dasar adonan pizza ini sy dapat dari majalah Santap edisi pertengahan tahun 2003. Sepintas, cara pembuatan pizza ini kelihatan rumit, tapi setelah dilihat lebih jauh, ternyata cara pembuatannya tak lebih sulit dari membuat adonan roti biasa. Resep ini juga membeberkan 'rahasia' mengistirahatkan adonan yang belum pernah sy ketahui sebelumnya.

Untuk topping, ini hanyalah hasil khayalan. Karena bosan dengan topping pizza yang umumnya memakai saus tomat (baca: malas menyiapkan!), sy coba mereka rasa Cukup dengan menaburi irisan jamur kancing dan tiga jenis keju, jadilah pizza renyah dan gurih yang sy kasih judul "Pizza champignon aux trois fromages"!

Ingredients:
Adonan dasar pizza:
- 200/225 gr tepung terigu
- 1/2 sdm ragi instan
- 3/4 sdt garam
- 1/2 sdm minyak zaitun
- 130 ml air hangat (kurang lebih)

Topping:
- 1 kaleng jamur kancing, iris tipis
- 2 siung bawang putih, cincang kasar
- 1 siung kecil bawang bombay, cincang kasar
- Oregano, basil dan thyme kering, masing-masing 1/2 sdt
- 4 sdm keju parmesan
- 100 gr keju cheddar, parut
- 200 gr keju mozzarela, parut

Directions:
Sebelum memulai:
Olesi bagian dalam mangkuk besar dengan minyak zaitun, sisihkan untuk menaruh adonan.

Mencampur dan menguleni:
- Campur 200 gr tepung terigu dan ragi dalam mangkuk (bukan mangkuk yang diolesi minyak). Campur garam, minyak zaitun dan air hangat. Tuangkan air ke dalam tepung, aduk dengan sendok kayu.
- Pindahkan adonan ke atas permukaan meja yang ditaburi sedikit tepung. Uleni adonan sampai adonan licin, lembut dan tidak lengket di tangan (10-15 menit). Jika adonan terlalu lengket, tambahkan tepung secukupnya sampai adonan tidak lengket di tangan dan meja.

Mengistirahatkan adonan:
- Taruh adonan dalam mangkuk yang sudah diolesi minyak, lalu angkat dan balik adonan. Tujuannya agar seluruh permukaan adonan terlapisi minyak sehingga tidak mengerin. tutup dengan plastik lengket. Diamkan 10 menit agar lentur. Meskipun adonan sudah bisa dipakai, akan lebih baik jika adonan diistirahatkan selama 2 jam sampai 2 hari di lemari es (adonan mengembang sedikit). Proses pendingnan ini membuat adonan lebih relaks, mudah dibentuk dan meningkatkan cita rasanya. Sebelum digunakan, keluarkan adonan dari lemari es 1 jam sebelumnya agar sesuai dengan suhu ruang.

Membentuk adonan:
Taruh adonan di atas meja bertabur tepung. Uleni pelan-pelan untuk meratakan udara dalam adonan. Untuk membuat pizza ukuran 30cm, gilas adonan. Usahakan agar bagian tengahnya tipis dan bagian pinggirnya agak tebal. Untuk membuat 2 pizza bergaris tengah 20cm, bagi adonan jadi 2 bagian. Pipihkan dengan telapak tangan lalu kembangkan/tarik hingga tipis. Usaha agar bagian tengah pizza tipis dan bagian pinggir agak tebal dengan lebar 1 1/2 cm.
- Pindahkan ke loyang pizza atau loyang kue kering


Memanggang:
- Panaskan oven pada suhu 200derajat celcius selama 30 menit. Pasang rak oven, jarak 1/3 dari dasar oven
- Tusuk-tusuk bagian tengah adonan pizza yang sudah digilas. Olesi minyak zaitun. Olesi dengan 1 sdt minyak zaitun
- Panggang selama kira-kira 10 menit, supaya pemukaan pizza agak kering
- Keluarkan dari pizza dari oven, taburi irisan jamur kancing, irisan bawang putih dan bawang bombay serta oregan, thyme dan basil
- Taburi keju parmesan, keju cheddar dan mozzarela
- Panggang kembali hingga pizza matang dan berwarna kecoklatan

Tidak ada komentar:

hasil pencarian anda