google

Kamis, 11 Desember 2008

Fried Chicken

Waktu itu saya pernah tanya dimana beli sichuan chilli bean paste,
ternyata saya menemukannya di RanchMarket Kebon Jeruk! Rupanya mereka
sekarang semakin lengkap saja... jadi makin senang belanja ke sana.
Daging, ikan, sayur semuanya fresh bgt... mereka sudah dpt sertifikasi
HACCP (klien kantor saya dulu soalnya...:-)). Kalau di supermarket
lain (even in the biggest hypermarket in town.. hehehe) daging suka
bau aneh (ga tau apa yah, kaya chemical gitu). Eh, kok jd promosi
Ranch Market... :-)

Di rak bumbu2 chinesse saya menemukan lebih dari satu merk utk chilli
bean paste, hanya satu yg diberi label sichuan tetapi yg lainnya hanya
chilli bean paste. Semuanya made in Taiwan. Akhirnya saya pilih yg
merk Master.

2 minggu setelah dibeli, barulah chilli bean paste itu saya buat
menjadi ayam goreng kering pedas. Masakan ini enak bgt kalau dimakan,
malam2, Jakarta lagi ujan, dingin, n ditemani dgn nasi putih yg pulen
n masih panas plus secangkir chinesse tea. (kemarin saya, adik saya n
Alex udah nyoba, sayang Jakarta lagi ga ujan...)

Berikut resepnya, kalau ada yg mau nyobain...

400 gr daging dada ayam, dipotong dadu kurang lebih 2cm (tulangnya jgn
dibuang, tulang ini bakal jd crispy bgt...)
1 batang daun bawang dan daun seledri yg besar, potong2 2 cm.
1.5 sdm chilli bean paste
1 sdm shaoxing wine
1 sdm light soy sauce (kecap asin jg boleh)
cabe kering (saya pakai yg lokal yg biasa dijual di supermarket,
banyaknya sesuai selera aja)
1/2 sdt sichuan pepper (ini khas bgt baunya n pedes bgt, baunya beda
dari merica kita or black pepper)
minyak wijen (secukupnya)
minyak goreng secukupnya (lebih enak lg pake ground nut oil)

Cara membuat:
panaskan minyak sampe berasap (kalau bisa pake wajan yg tebal (wok),
tp pake yg biasa jg gpp). Masukkan ayam, masak sampe kandungan airnya
menyurut dan ayam jd kering, kurang lebih 8-10 menit. Hati2 gosong.
kecilkan api, masukkan shaoxing wine dan kecap, aduk, masukan chilli
bean paste, sichuan pepper dan cabe kering, masak sampe wangi, masukan
potongan sayurannya, aduk bentar aja. Sayurnya ini harus tetap
crunchy, jd jgn sampe layu. Kalau mau lebih asin, bisa tambahin garam.
Kalau suka agak2 manis, tambahin gula dikit. Tp saya sih prefer ga
ditambahin apa2 coz chilli bean paste itu udah asin...
Matikan api, masukan minyak wijen. Enak dimakan selagi masih panas...

Selamat mencoba yah...

Tidak ada komentar:

hasil pencarian anda